#StreetComedy5

Sore tanggal 23 Agustus 2015 menjadi hari yang cukup menegangkan karena Audisi #StreetComedy5 Sukabumi dengan  jumlah peserta 15 orang akan dimulai. Audisi ini terbuka untuk umum. Dari peserta yang coba-coba, adu nyali sampai yang sudah biasa tampil ikutan audisi. Audisi StreetComedy5 tahun ini  cukup ngeri. Karena sepanjang audisi, tawa penonton yang hadir jarang sekali terdengar.. Apa karena Kompetisi? Atau strategi dari sebagian pendukung peserta untuk menahan tawa agar calonnya lolos audisi.

Awal rencana Sukabumi  tidak akan mengadakan audisi. Namun adanya masukkan lebih baik diadakan kompetisi.  Selain memberikan tantangan terhadap komunitas  juga  memberikan peluang dalam menciptakan opsi dalam memilih wakil yang terbaik. Sehingga akhirnya Sukabumi memutuskan mengadakan audisi Seminggu sebelum Babak Playoff Jawa Barat dimulai.

Audisi #StreetComedy5 Sukabumi sore itu dipandu oleh Fakri dan Miftah. Lemparan lelucon dari dua host ini membawa suasana Audisi menjadi meriah.  Adrenalin audisi pun tidak menjadi tegang seperti ada efek magis. (Mungkin fakri dan miftah ngasi pelet). Baiklah beginilah gambaran penampilan peserta Audisi StreetComedy5 Sukabumi

Komika pertama dipanggil.  Egi Restafauzi (@onoybonoy . Egi terbilang cukup baik dalam menggali materi. Selain itu pernah merantau ke purwakarta dan sempat bergabung dengan komunitas di Purwakarta. Namun Egi lumayan kesulitan untuk menaikkan mood penonton pada awal audisi StreetComedy5 Sukabumi sore itu. Yah resiko opener cukup sulit juga sih!.. Berkat materi yang segar beberapa bit dapat memecahkan tawa. Tapi sebagiannya tidak kena.  Egi termasuk kedalam pertimbangan sebagai calon perwakilan menuju Playoff Jabar.

Komika kedua pun tampil. Achmad Mubaarak (@achmad_M16) . Komika yang lebih banyak memainkan plesetan kata di audisi. Namunn lagi-lagi belum mampu menaikkan suasana. Karena beberapa plesetan katanya sudah pernah sering digunakan saat Openmic..

Komika ketiga @MarioPekat_  Ananda Mario. Mario lebih aktif kumpul ketimbang teman seusianya dalam berstandup. Walau beberapa kali absen openmic/ Combud  sih :P. Dalam Audisi Mario berhasil menghina kepekatan kulitnya. Beberapa Bitnya yang dia explore sendiri (alasan absen combud karena ingin kaji materi sendiri) ternyata cukup baik. Salutee!! Beberapa bit hasil combud yang pernah dibawakan pun cukup baik. Namun waktu yang terlalu cepat saja tidak mampu mengambil banyak LPM.

Komika keempat @SubagjaDiki, Mengaku asal Sukabumi ini sedang bekerja di Bekasi. Saat Audisi  Diki lebih ke Story Telling (sayangnya). Sehingga mengumpulkan LPM yang sedikit didapat.

Selanjutnya Dezzan Rossandy (@Dezan_DSMS) dipanggil naik ke panggung. Teriakan penonton seketika meriah!  Dezzan terbilang baru bergabung dengan Komunitas Standupindo Sukabumi namun sudah  cukup berani mencoba berkompetisi. Dengan karakter Anak STM yang malu-malu membuat cukup lucu. Anak STM  selalu digambarkan doyan tawuran namun Dezzan kebalikannya. Dezzan terlihat sebagai Anak Gemboy, Saat audisi pun sempat-sempatnya bawa gemboy. Mungkin jika dia mengambil karakter anak STM pemalu yang suka bawa gemboy diatas panggung mungkin lebih pas.

Rifan Ramadhan (@Rifanramadhan44) OWGGGG... OWGGG  terdengar saat  dia berpuisi komedi ala WiraNegara SUCI5...  Tapi amat disayangkan keOWGHH-annya lebih ke curhatan pribadi ketimbang berkomedi. :’(

Selanjutnya  Jojo. Lelaki 44 Tahun yang pindah ke Sukabumi ini adalah Founder komunitas Cilacap. Yah lebih banyak makan asam garam dapur ini tampil lebih baik dengan komika sebelumnya. Dari keresahan tentang Pilkada sampai ke Polio terbilang Pecah. Berkat doa istri juga (mungkin) yang menemani saat audisi. Saat audisi pun terlihat mesra (maklum baru menikah) Bang Jojo menjadi salah satu kandidat menuju PlayOff Jabar. Semoga dukungan support dari Istrinya menjadi modal kemulusan saat Playoff Jabar nanti. Amin J

Lalu kemudian Yusuf Tauzir (@tauziri96), Mungkin lebih tepatnya dia lebih kespesialis ikut audisi Street ya :)). Jarang sekali dia openmic... Jadi No comment buat penampilannya (Maaf yee coba deh belajar bareng komunitas)

@Iindoank40330. Iin zupiter namanya saat mendaftar audisi bahkan berkat nama Zupiter sempat jadi bahan komedi Peserta dan Host yang tampil (Dari merk model motor sampai nama planet). Peserta yang berasal dari parungkuda dan sedang bekerja di Bogor ini menceritakan termotivasi ikut Audisi karena melihat Audisi Streetcomedy5 di Bogor. Penampilannya kurang rapi dalam pembawaan namun Segi berbicara  sudah jelas terdengar. Saran dan pesan bergabunglah dengan komunitas standup di Bogor atau di Sukabumi. Yakin kedepannya dapat menjadi  lebih baik.

@RizkianaWanda, Wanda terbilang sangat pesat dari perkembangannya sejak Audisi Street tahun lalu. Dalam segi perjuangan dalam berstandup pun sangat besar. Tidak pilih-pilih dalam memilih gigs yang datang lewat komunitas. Karena itu menjadi faktor penting dalam perkembangannya. Dikenal dengan komika Absurd di komunitas. Wanda punya memiliki banyak setlist yang tertulis di note smartphonenyanya  sehingga  mampu membawa dia sebagai Salah satu perwakilan Sukabumi ke Playoff Jabar.

Fauzan Alwin.. Mahasiswa  yang sudah bergelar  Spd  ini terbilang baru di komunitas Standupindo Sukabumi. Sebagai Guru yang kurang baik dalam memberi contoh ke muridnya ini masih berantakan dalam menyajikan materi komedinya. Kurang kejutan dalam punchline dan kurang keresahan. Walau katanya sempet drop gara-gara pernah ngebomb di openmic tidak membuat dia takut untuk mencoba lagi standup dengan  ikut audisi #StreetComedy5.

Jiwana @IbrahimJunior96 . Dari komunitas berharap dia yang lolos ke playoff namun hasil berkata lain. Dengan gaya slengean kurang mengundang tawa penonton. Materi yang cukup banyak dibutuhkan intelegensi.  Mungkin keidealisan dalam menetapkan materi-materi membuat beberapa bitnya kurang pecah. Bahan yang pernah dipakai saat Playoff jabar tahun lalu pun masih digunakan.  Potensi baik namun untuk  tampil ke playoff bisa lagi-lagi di cut oleh juri :((.

Cut @Aznananaw. Komika perempuan yang saat ini cukup kuat bertahan dalam berstandup komedi. Dengan materi dan setlist yang sudah terpatok jalannya ini tidak cukup modal untuk membawanya ke Playoff. Mungkin dibutuhkan sedikit  materi yang fresh sehingga nantinya bakal ada kejutan dalam penampilannya. Dengan kejahilannya masih bisa menjadi andalan.

Terakhir @egimunandar14.  Komika yang tidak lagi diragukan dalam berjuang untuk berkomedi. Dengan hasil bantuan komunitas yang awalnya memiliki materi yang senonoh ini berubah menjadi komika yang dapat memberikan rasa prihatin penonton. Dengan materi kekurangan dalam kelebihan saat berdiri ini mampu mengangkat tawa penonton sore itu. Cukup baik sebagai penampil terakhir. Ogi menjadi salah satu kandidat kuat dalam ke Playoff
Yak itu sebagian penilaian.. Penampilan Audisi cukup tipis bahkan dalam memilih perwakilan pun cukup sulit sampai Juri pun berdiskusi dengan Host dan mencuri sedikit kesan dari penonton. Berdasarkan pertimbangan dan voting  yang berdasar akhirnya diputuskanlah
Wanda, Jojo dan Egi Restafauzi Sebagai Perwakilan Sukabumi menuju Playoff Jabar di Bandung 29 Agustus Nanti. SELAMAT lagi!!

Demikian gambarannya.. semoga tahun depan muncul kejutan dan potensi baru lagi...

0 komentar:

Posting Komentar